5 Manajemen Diri yang Perlu Diketahui Saat Studi di Luar Negeri

A photo by Aaron Burden. unsplash.com/photos/LNwn_A9RGHo

A photo by Aaron Burden. unsplash.com/photos/LNwn_A9RGHo

Mendapatkan kesempatan untuk studi ke luar negeri merupakan anugrah tersendiri. Baik berangkat atas biaya sendiri maupun beasiswa, kesempatan emas ini tidak untuk disia-siakan.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan dan dapat membantu kelancaran studi di luar negeri. Artikel dalam blog aksi-aksi manajemen kali ini akan mengulas satu per satu manajemen diri tersebut.

Tips ini diresumekan dari pengalaman pribadi penulis saat mendapatkan kesempatan studi di Melbourne, Australia. Mari kita simak satu per satu.

Tips #1 : Manajemen Waktu. Saat studi adalah masa-masa dimana kita akan terbiasa dengan yang namanya deadline. Pokoknya macam-macam deadline akan ditemui seperti deadline tugas individu ataupun kelompok. Kita pun perlu memperhatikan deadline ini. Di beberapa mata kuliah ada yang melakukan penerapan sanksi poin bila tugas diserahkan melewati deadline.

Itulah sebabnya manajemen waktu terhadap alokasi pada masing-masing aktivitas perlu menjadi perhatian. Harus tegas dan strict terhadap jadwal yang sudah ditentukan. Biasanya kita akan kesulitan me-arrange ulang jadwal bila kita sering melanggar.

Tips#2 : Manajemen Teknologi. Di beberapa negara lokasi kita studi, penggunaan teknologi sudah menjadi gaya hidup. Penggunaan aplikasi-aplikasi di smartphone untuk bayar listrik, tagihan internet, sewa apartemen bahkan untuk bayar katering khas nusantara perlu dikuasai.

Penggunaan sistem terintegrasi juga sudah menjadi hal biasa dan perlu dimanfaatkan dengan baik sehingga membantu kita dalam menjalani kehidupan harian. Sistem integrasi transportasi misalnya yang memudahkan konektivitas antar beberapa moda transportasi.

Tips #3 : Manajemen Gegar Budaya. Sebelum berangkat sebaiknya membaca referensi terkait hal-hal baru atau budaya berlaku yang akan kita temui di tempat kita akan studi.

Hal yang sederhana seperti colokan charger hp yang berbeda jenis, akan menjadi masalah bila tidak diantisipasi. Belanja kebutuhan harian yang mengharuskan membawa tas tersendiri ataupun melakukan appointment terlebih dahulu bila akan bertemu dengan seseorang tetap menjadi perhatian. Yang pasti, tempat baru akan jadi wisata kuliner deh.

Tips#4 : Manajemen Hubungan Personal. Kita akan bertemu dengan saudara-saudara setanah air. Keikutsertaan kita dalam acara-acara akan mengobati rasa rindu kita kepada tanah air. Biasanya sih makanan khas nusantara akan meramaikan acara.

Selain itu, kita juga akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai negara. Hal ini dengan sendirinya akan meningkatkan kemampuan berkomumikasi bahasa asing kita serta kita akan lebih mengenal ragam budaya yang mereka miliki.

Tips#5 : Manajemen Kesehatan Diri. Perubahan musim dari dua ke empat akan menjadi tantangan tersendiri. Kondisi badan yang tidak fit akan membuat badan mudah sakit.

Untuk beberapa jenis sakit tertentu memang dijamin oleh pihak asuransi, namun ada baiknya kita bisa menjaga kesehatan. Pola makan yang lebih sehat dan olahraga disarankan. Bahkan beberapa kampus memberikan sarana dan prasarana untuk olah raga ringan seperti jogging dan bersepeda.

Demikian, 5 manajemen diri selama studi di luar negeri. Semoga bermanfaat.

IMG-20180522-WA0037

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *