Ide Peluang Usaha bisa Didapat lewat 5 Tips Ini

1487427628646

Menyambung tulisan terdahulu tentang memulai bisnis rumahan, maka blog kesayangan anda kali ini akan mengulas lebih dalam tentang bagaimana mendapatkan ide peluang usaha.

Sebenarnya referensi terkait hal ini bisa didapatkan dengan mudah, namun blog ini meringkasnya menjadi 5 cara mendapatkan ide peluang usaha.

Mari kita simak satu per satu.

#1 Usaha yang berasal dari Hobi. Siapa yang tidak senang apabila kita mendapatkan pendapatan dari hobi yang kita lakoni. Misalnya saya hobi buat kartun, lalu kartun tersebut banyak diorder orang lalu menghasilkan uang. Ada juga yang hobi ngotak ngatik perangkat hardware dan software pun bisa membuat blog dan mendapatkan order pesanan disana.

Namun, hobi yang dijadikan bisnis tetap harus berorientasi usaha bila kita akan mengharapkan bahwa usaha ini yang akan memberikan pendapatan utam. Hobi yang dilakukan tetap berorientasi pasar dan mempunyai ceruk pasar tersendiri.

Bila anda sudah mempunyai penghasilan utama dan ingin melakukan usaha, hobi anda adalah salah satu peluangnya. Walaupun di awal-awal, pengguna jasa atau produk masih terbatas, tapi paling tidak kita sudah berani memulai usaha.

Hobi yang dipilih sebagai usaha tentu yang bisa memberikan nilai tambah kepada pengguna. Banyak sekali di luar sana yang menjadikan hobi sebagai ladang usaha. Oleh karena itu harus ada pembeda produk atau jasa yang dihasilkan dari hobi tersebut.

#2 Usaha yang Bermodal Kecil. Kita yang masih pemula umumnya tidak ingin mengambil risiko besar saat memulai usaha. Oleh karena itu memilih sebuah usaha dengan modal kecil tentu merupakan pilihan yang wajar. Yang pasti, walaupun bermodal kecil namun bila dilaksanakan dengan sungguh-sungguh serta kreativitas yang ada maka hasilnya tentu tidak akan mengecewakan.

Dengan usaha yang bermodal kecil, kita sudah berani untuk memulai sebuah usaha. Untuk tahapan awalk kita akan mengetahui bahwa walaupun modal kecil ternyata upaya yang kita lakukan hampir sama dengan menjalankan usaha yang bermodal besar. Karena perlu sebuah kesunguhan dan mempunyai pemikiran strategis agar usaha dapat berkembang.

Yang penting usaha dulu. Nah usaha yang bermodal kecil cocok bagi kita yang ingin mencoba dunia usaha. Bagi kita yang selama ini belum pernah menjadi seorang pelaku usaha tentu pengalaman ini akan memberikan pengalaman untuk meningkatkan daya saing usaha.

Tidak menutup kemungkinan, walaupun usaha bermula dari yang bermodal kecil, bisa menjadi besar. Banyak pelaku usaha yang memulainya dari modal kecil, namun berkat kesungguhan dan passion yang dimiliki dalam menjalankannya, usaha tersebut berkembang pesat. Jenis-jenis usaha yang bermodal kecil, bisa klik disini.

#3 Usaha yang sedang Trend. Nah, peluang usaha mudah ditemukan ketika menjadi trend. Tinggal pantau saja lingkungan sekitar atau dari trending topik media sosial, usaha apa yang sedang rakai dibicarakan.

Pilihannya juga banyak, yang pasti harus dipilah-pilah terlebih dahulu. Kalau modal cukup besar, bisa memilih sesuka hati. Tapi kalau modal pas pasan, pilihan menjadi terbatas. Oleh karena itu, pilih yang mudah untuk dilaksanakan.

Banyak ragam pilihan usaha yang lagi trend. Selain sesuai modal yang ada, yang dipilih juga adalah harus punya gairah dalam menjalankannya. Walaupun usaha kita lagi trend, dan pembeli banyak, namun bila tidak dijalankan dengan sepenuh hati, maka usaha tidak akan berjalan dengan baik. Karena usaha jenis ini menjamur maka tidak susah bagi pelanggan untuk berpindah ke usaha sejenis yang pelayanannya lebih baik.

Untuk jenis usaha seperti ini sangat mudah sekali bagi kita untuk mendapatkan pelanggan. Dengan berbagai macam-macam pemberitaan tentang usaha yang sedang trend tersebut, kita sebagai pelaku usaha tentu diuntungkan karena tidak perlu melakukan promosi.

#4 Usaha yang Mudah Dilaksanakan. Tidak perlu bingung untuk yang satu ini. Dapatkan usaha yang mudah dilaksanakan seperti menjadi reseller bumbu pecel. Dari beberapa pilihan yang ada, pilihan usaha yang mudah bagi orang lain bukan berarti mudah bagi kita. Oleh karena itu yang memilih adalah kita sendiri.

Usaha yang mudah dilakukan bisa dilihat dari segi kemudahan operasinal penjualan, bisa dari segi kemudahan administrasi, bisa dari segi kemudahan mendapatkan bahan baku, atau kemudahan mendapatkan imbal balik. Semuanya tergantung dari kita yang memilihnya berdasarkan kemampuan yang ada.

Sebagai tambahan, usaha yang mudah dilakukan tidak perlu dipersulit dengan berbagai tools manajemen. Tools tersebut akan berguna bila dilakukan penyesuaian terlebih dahulu.

Dalam menjalankan usaha yang mudah dilaksanakan ini, tentunya digunakan sebagai gerbang menuju tantangan usaha yang memberikan keuntungan yang lebih besar. Jadi boleh dikatakan bahwa usaha yang dilakoni sebagai ajang pembelajaran.

#5 Diajak Usaha oleh Kawan. Cara yang kelima ini boleh dikatakan unik. Kenapa? Karena kita tidak perlu bersusah payah mencari ide sebuah peluang usaha. Tinggal menunggu diajak gabung oleh kawan atau kita sendiri yang mengajukan diri.

Namun tentunya, sebelum kita diajak join, kita harus memiliki track record yang bagus. Dapat dipercaya. Ya. Itu kuncinya. Bila kita telah memiliki jejak bagus sebagai orang yang dapat dipercaya, maka orang lain tidak akan meragukan kita saat diajak bergabung usaha.

Saat bergabung pun, kita akan diminta sebagai bagian dari tim bisnis yang akan saling melengkapi. Misalnya kita mempunyai kecakapan dalam negosiasi, maka kita bergabung sebagai negosiator. Kita mempunyai kelebihan uang dan tidak punya waktu menjalankan usaha secara langsung maka kita bergabung sebagai investor. Demikian juga apakah nanti kita bisa bergabung sebagai manajer operasional atau pun sebagai operator.

Pastinya, setelah kita bergabung kita akan melihat berbagai peluang usaha yang nantinya akan dijalankan dalam skala komersil yang tentunya lebih professional. Sebelum bergabung, sebaiknya kita harus mengetahui dulu apa latar belakang peluang usaha yang akan kita jalani.

Demikian 5 cara mencari ide peluang usaha yaitu dari hobi, usaha yang bermodalkan kecil, usaha yang lagi ngetren dan mudah dilaksanakan serta karena diajak kawan.

hosting murah

Semoga bermanfaat.