Ingin Merekrut dan Mempertahankan Talenta Terbaik? Ikuti 5 Tips Berikut Ini

6njoebtarec-lee-campbell

Saat anda sudah menemukan peluang bisnis dan kemudian membangun sebuah start up, maka selanjutnya anda membutuhkan orang-orang yang siap membantu untuk membesarkan usaha anda.

Mendapatkan orang-orang dengan talenta terbaik sama sulitnya dengan mempertahankannya. Apabila anda sudah mengandalkan mereka, maka bersiaplah dengan dua hal. Pertama, sebuah usaha yang dirintis akan lebih cepat berkembang dengan adanya kehadiran talenta terbaik. Kedua, kepergian mereka pun akan menjadikan usaha yang sedang berjalan akan kehilangan arah.

Lalu apa yang harus dilakukan bila saat ini anda akan merekrut dan mempertahankan mereka yang bertalenta terbaik ini?

Yuk, kita simak 5 tips merekrut dan mempertahankan talenta terbaik versi blog kesayangan anda ini.

#1 Tampilkan Values Usaha Anda. Saat anda merekrut seorang talenta pastikan mereka mengetahui apa yang menjadi values usaha anda. Sehingga orang yang melamar mengetahui values dan mereka tertarik untuk bergabung karena merasa ada kecocokan.

Misalnya, usaha anda mempunyai values dalam on time delivery. Maka orang yang akan anda rekrut adalah orang-orang yang menghargai waktu dan berdisiplin dalam menggunakannya.

Demikian halnya bila ada orang yang mempunyai kecocokan values akan bergabung dengan anda. Sebaliknya, orang-orang dengan tipe sering menunda-nunda pekerjaan tentu tidak akan berminat untuk bergabung.

Kecocokan values ini tentunya akan memberikan kekuatan yang besar bagi usaha anda, karena anda tidak perlu investasi lebih untuk memberikan pelatihan kepada karyawan tentang values tersebut secara terus menerus.

Orang baru dengan talenta terbaik yang direkrut ini pun agar segera match dengan budaya perusahaan dan juga bisa cepat sejalan orang-orang yang telah ada di perusahaan.

#2 Bimbing oleh Mentor yang Tepat. Seorang talenta yang anda miliki perlu dibimbing. Ekspektasi anda kepada mereka hanya akan menjadi harapan belaka apabila melepas mereka begitu saja. Asumsi bahwa mereka akan belajar dengan sendirinya, tentu menjadi sebuah risiko.

Sangat disayangkan apabila seorang talenta terbaik tidak dibimbing, karena dia akan mengambil keputusan berdasarkan pengalaman dia yang masih minim. Referensi-referensi bisa saja dia dapatkan sebagai tambahan wawasan. Namun dalam prakteknya, dibutuhkan pengetahuan secara langsung didapatkan dari mentor yang tepat.

Bila seorang talenta terbaik dibimbing oleh mentor yang tepat, maka proses kaderisasi akan berjalan dengan baik. Proses bisnis terus berkembang dan tidak akan stagnan bila ada pergantian personil.

Pengalaman yang diperoleh dari seorang mentor, akan menjadikan talenta anda berkembang lebih cepat. Sambil belajar dia juga melakukan. Istilahnya learning by doing. Kemampuan analisa menjadi lebih tajam dan pengambilan keputusan pun tepat.

Tentunya tidak mudah bagi anda pelaku start up mendapatkan seorang mentor terbaik ini. Oleh karena itu, karena andalah yang menemukan peluang bisnis sehingga mendirikan start up dengan values yang dimiliku, maka anda harus berkorban untuk meluangkan waktu menjadi mentor bagi talenta-talenta terbaik yang anda miliki.

#3 Menjadi Bagian dari Tim Terbaik. Rutinitas pekerjaan secara perlahan membunuh kreativitas dalam kerja. Hal ini akan meningkatkan kebosanan seorang talenta terbaik dan mempengaruhi apakah mereka akan bertahan atau meninggalkan tempat kerjanya.

Cara yang dapat mengembalikan semangat mereka adalah dengan melibatkan mereka dalam sebuah tim terbaik. Mereka akan bergabung dengan orang-orang yang berpengalaman dari latar belakang yang berbeda. Ini akan meningkatkan wawasan tentang proses bisnis di start up yang sedang anda rintis.

Talenta terbaik anda akan berkembang lebih cepat, karena terdapat dinamika dalam tim. Yang bersangkutan akan belajar tentang identifikasi root of problem serta bagaimana mereka melakukan problem solving serta pengambilan keputusan yang tepat.

Pengalaman bergabung dalam satu tim yang mereka dapatkan, akan mempercepat proses pembelajaran. sehingga dalam berbagai posisi mereka bisa cepat menempatkan diri dan daya adaptasi yang cepat.

Dengan bergabungnya mereka dalam tim, tentunya yang paling mudah didapatkan adalah, talenta terbaik anda akan lebih dikenal oleh orang-orang dari divisi lain sehingga mereka akan lebih mudah direkomendasikan ketika ada jabatan yang kosong.

#4 Pantau Perkembangan. Talenta terbaik jangan dibiarkan bekerja tanpa arah yang jelas. Perlu diberikan mindset kepadanya sebagai seorang talenta terbaik yang akan memberikan energi positif sehingga yang bersangkutan akan terus melakukan yang terbaik.

Ketika seorang talenta terbaik menurun kinerjanya segera diambil tindakan. Perlu dipantau apakah dia merasa bosan, merasa tidak ada tantangan dalam bekerja, merasa tidak berguna, merasa karirnya mentok, ataupun pekerjaan yang tidak sesuai beban kerjanya.

Bila sejak awal kita sudah memetakan talenta terbaik ini akan diberikan posisi strategis di usaha anda yang sedang berkembang pastikan mereka tidak mengalami hambatan tersebut di atas dalam pekerjaannya.

Mereka adalah talenta terbaik yang sejak awal sudah mempunyai values sesuai dengan perusahaan yang kita bangun. Oleh karena itu ketika motivasi mereka bergeser, maka disinyalir bahwa ada values yang dirasakan tidak sesuai dengan mereka.

Hal ini wajar karena usaha anda pun belum matang sehingga masih mencari pola penyusunan sistem kerja yang tepat melalui perbaikan yang berkelanjutan. Talenta terbaik yang bergerak di operasional pun segera beradaptasi untuk mencapai hasil yang sesuai keinginan anda sebagai pemilik usaha.

hosting murah

#5 Berikan Apa yang Dulu Dijanjikan. Saat direkrut, talenta sudah dibombardir dengan janji-janji yang ditawarkan oleh anda. Misalnya, pada tahun ke 3, yang bersangkutan akan naik posisi satu tingkat bila berprestasi, demikian seterusnya.

Ini yang akan dipegang oleh mereka. Bisa saja pada levelnya saat ini apresiasi berupa finansial tidak begitu memotivasi. Mereka lebih tergugah apabila motivasi berupa apresiasi berupa promosi dan sebagainya.

Saat dia beprestasi, berikan apa yang dijanjikan dulu. Tentunya ini sesuai dengan aturan main atau prosedur yang ada di usaha anda. Ketika saat mereka memasuki tahun ke 3, anda melanggar janji ini, maka tidak berapa lama talenta terbaik akan meninggalkan start up anda dengan membawa intangible knowledgenya yang selama ini diperoleh.

Yakinkan bahwa yang bersangkutan menempati posisi sesuai aturan yang ada sehingga mereka akan bertahan. yang sudah diatur. Hal ini akan menurunkan turn over talenta terbaik dan engagement mereka pun meningkat.

Bila toh akhirnya mereka beralih ke perusahaan lain, maka anda akan merekrut ulang. Ini akan memakan waktu kembali. Usaha yang sedang anda rintis pun kehilangan momentum bisnis karena tidak dapat berlari kencang.

Demikian 5 tips merekrut dan mempertahankan talenta terbaik melalui rekruitmen berdasarkan values, lakukan bimbingan, menjadi bagian dari tim, memantau perkembangan dan penuhi janji.

Semoga bermanfaat.

1 thought on “Ingin Merekrut dan Mempertahankan Talenta Terbaik? Ikuti 5 Tips Berikut Ini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *