Ingin Resolusi Tahun ini Tercapai? Buat Rencana Aksi

1484019550787

Apa resolusimu tahun ini?
Tentunya anda akan mengeluarkan sebuah daftar yang menjadi harapan agar tahun itu tercapai.
Pertanyaan yang sama juga diajukan kepada para pemilik usaha kepada manajemen yang menjalankan usaha.
Apa target atau sasaran usaha tahun ini?

Layaknya sebuah usaha, harapan anda di tahun ini bila ingin tercapai maka perlu dibuat sebuah rencana aksi.
Rencana aksi atau juga dikenal sebagai action plan disusun atas aktivitas-aktivitas kecil yang dilengkapi dengan ukuran dan horizon waktunya.

Aktivitas-aktivitas kecil ini kemudian dituliskan lagi sebagai bagian dari daftar yang harus dikerjakan atau to-do-list. Anda bisa menuliskannya dalam gadget anda ataupun buku notes kecil.

Dalam buku Project Management-nya Larson dan Gray, sebuah sasaran proyek besar dibagi menjadi beberapa aktivitas-aktivitas kecil yang disebut sebagai work process.

Misalnya, saat ini saya merasa kurang olahraga, maka saya membuat resolusi badan yang lebih sehat dan segar. Saya pun membuat aktivitas kecil seperti jogging setiap hari. Begitu juga bila anda mempunyai sebuah usaha, membuat sebuah resolusi yang berbentuk profit yang diharapkan.

Action plan kemudian dibuat untuk memudahkan resolusi tercapai yang dilengkapi dengan ukuran atau measure. Dalam tulisan saya sebelumnya, kita mengenal lead dan lag measure.

Untuk lebih jelasnya bagaimana sebuah rencana aksi bekerja, kita ambil contoh untuk sebuah usaha dan untuk pengembangan diri.

Untuk implementasi sebuah usaha kita ambil contoh usaha kue kering lebaran. Maka kita membuat aktivitas-aktivitas agar sasaran tercapai, yaitu menjual kue kering saat lebaran.

Aktivitas-aktivitas tersebut diantaranya adalah mengurus syarat-syarat perizinan usaha, mengajukan perizinan usaha, pembelian alat dan bahan, promosi produk dan penjualan.

Dalam persyaratan perizinan, dibagi lagi menjadi sub-sub aktivitas seperti menyiapkan nama usaha atau nama produk, logo produk, desain kemasan dsb. Masing-masing pekerjaan dilengkapi dengan ukuran keberhasilan dan horison waktu.

Penyelesaian yang baik terhadap sub-sub aktivitas ini akan menghasilkan hasil yang baik juga pada aktivitas di atasnya. Membuat logo adalah sub aktivitas yang merupakan lead measure untuk sebuah lag measure pemenuhan persyaratan perizinan. Pembuatan logo yang baik yang sesuai dengan persyaratan membawa dampak pada keberhasilan aktivitas di atasnya.

Seperti yang disampaikan Charles Duhigg dalam bukunya The Power of Habit, bahwa kemenangan kecil akan membawa pada kemenangan besar.

Contoh kedua, tentang rencana aksi bagi pengembangan diri.
Langkahnya sama. Untuk tahun 2017, saya telah membuat sebuah resolusi. Merilis satu buku tentang manajemen tentang wisata organisasi dengan gaya bahasa ala blog aksi2manajemen pada bulan Juni 2017.

Saya pun membuat langkah-langkah sampai sekecil mungkin menjuju pembuatan buku tersebut. Saat mencatat langkah-langkah tersebut di sebuah buku notes. Kadangkala saya menulisnya bukan dalam bentuk daftar tapi dalam bentuk flowchart.

Activitas kecil tersebut diantaranya adalah melakukan komunikasi dengan minimal 2 orang penulis yang sudah pernah meluncurkan sebuah buku.

Ada juga aktivitas kecil lainnya, yaitu menulis minimal 1 halaman A4 setiap malam. Tips ini saya peroleh dari mbak Dini Nuzulia Rahmah, penulis 17 buku.

Keberhasilan saya membuat sebuah buku tergantung dari keberhasilan saya melaksanakan aktivitas kecil tersebut yang sudah terukur dan dibatasi oleh waktu.

Ukuran keberhasilan contoh aktivitas di atas adalah minimal dua orang penulis dan 1 halaman A4. Sedangkan horison waktunya adalah bulan Januari 2017 dan tiap malam (selama 3 bulan misalnya).

Ulasan ringan diatas beserta contoh sederhananya memperlihatkan bagaimana sebuah action plan bekerja. Sebuah rencana aksi yang baik harus terukur dan actionable.

Selanjutnya, sudah siapkah rencana aksi anda?
Berani untuk memulai.

2 thoughts on “Ingin Resolusi Tahun ini Tercapai? Buat Rencana Aksi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *