Jogyabeanbags. Sebuah Keberanian untuk Memulai.

IMG-20161121-WA0014

Suntuk? Katanya sih kurang piknik.

Perlu melakukan aktivitas berupa piknik untuk sekedar melepas rasa penat dan santai sejenak. Ragam piknik pun banyak, misalnya bersantai di pantai atau menikmati segarnya udara pegunungan.

Nah, biar piknik tambah nyaman, sekarang ada produk yang bernama Jogjabeanbags. Jogjabeanbags adalah sofa tanpa rangka dengan butiran styorofoam sebagai isi sofa, untuk cover bagnya sendiri customers bisa memilih beberapa bahan yg sangat nyaman seperti canvas, suede, parasut, taslan ataupun spandek.

Sosok dibalik produk yang enak dipandang, mudah dipakai dan gampang dirawat ini, adalah Bayu Nugraha. Beliau berkenan menceritakan bagaimana organisasinya bergerak di blog kesayangan Anda ini.

Pria kelahiran Binjai ini menyampaikan bahwa target marketnya adalah pesanan dalam jumlah partai besar seperti untuk kantor, sekolahan, cafe, hotel dan lain-lain. Proporsi nilai yang ditawarkan oleh produk ini adalah sifatnya yang personalise dengan kebutuhan interior yang simple, pilihan warna yang menarik, mudah perawatan dan nyaman dipakai.

Bayu yang sebelumnya bekerja di perusahaan swasta produk disposable ini menambahkan bahwa selain dipakai untuk santai saat piknik, produk ini juga cocok untuk menjawab kebutuhan penghuni apartemen, kos eklusive dan perumahan minimalis yang keberadaannya saat ini sudah menjamur.

Produk Jogjabeans ini masih hangat meramaikan dunia start up karena secara resmi launching pada bulan Oktober 2016 kemarin. Penjualan pertama pun lumayan dengan order 28 pcs.

Dibalik kesuksesan launching produk Jogjabeanbags ini, tidak terlepas dari keinginan Bayu untuk menjadi seorang wirausaha. Ada kepuasan tersendiri bagi seseorang yang berwirausaha. Seperti memiliki waktu yang fleksibel serta bisa menuangkan ide-ide tanpa campur tangan orang lain.

Saat ini Bayu mempunyai waktu kerja yang bebas sehingga lebih banyak waktu untuk memikirkan ide-ide dalam menciptakan sebuah produk baru. Kepuasan yang didapatkannya adalah saat sebuah produk yang tercipta dari sebuah ide, kemudian diproduksi dan bisa dinikmati oleh pelanggan.

Dalam membangun start upnya, Bayu memberikan tiga inspirasi kepada kita semua yang akan terjun berwirausaha.

#1 Berani Memulai. Hal pertama yang menjadi hantu bagi orang yang akan memulai wirausaha yaitu memulainya. Hal ini karena ada bayang-bayang yang seolah-olah akan menerpa kita. Misalnya kerugian, jatuh bangkrut dan sebagainya. Sehingga selalu menunggu siap, baru akan memulainya. Walapun datangnya kesiapanitu entah kapan datangnya.

Risiko pasti ada. Tetapi kita bisa menghilangkan dan meminimalisir melalui identifikasi risiko dan memitigasinya. Dengan berani memulai maka kita sudah tahu risiko yang akan dihadapi dan mitigasi apa yang perlu dilakukan.

Bayu tahu hal ini. Kesalahan produksi yang beragam variasi tipenya merupakan risiko yang akan muncul. Oleh karena itu Bayu terus menerus melakukan quality control dengan para penjahitnya.

#2 Konsisten dan Fokus. Bagi start up, khususnya bagi pelaku bisnisnya, semuanya dikerjakan sendiri. Dari pengadaan bahan baku, pengolahan sampai pengemasan dan packingnya.

Semuanya dilakukan sendiri dan memerlukan konsistensi serta fokus. Tanpa keduanya maka bisnis tidak berjalan maksimal.

Bayu secara konsisten menjaga mutu produk dengan cara memastikan bahwa bahan material yang digunakan sesuai dengan standar yang ada. Bahkan Bayu sendiri fokus pada pelanggan dengan menangani keluhan pelanggan secara langsung.

2016-11-21_18.33.54~2

#3 Inovasi Produk dan Penjualan. Persaingan produk yang relevan atau sejenis pasti menjadi ancaman tersendiri bagi sebuah start up. Kejelian dalam memilih kompetensi inti merupakan hal yang akan sulit ditiru.

Untuk itu diperlukan inovasi baik dalam proses maupun produk sehingga apa yang ditawarkan kepada pelanggan merupakan ciri khas produk usaha kita.

Saat ini Jogjabeanbags menawarkan berbagai varian warna, jenis bahan dan ukuran. Untuk varian warna, pelanggan bisa memilih warna yang sangat beragam dengan jenis bahan cover yg beragam pula. Sedangkan untuk varian ukuran, disediakan ukuran Small, Medium dan Large. Inovasinya tidak berhenti disitu. Customers bisa melakukan custom order baik bentuk, ukuran maupun bahan cover.

Tidak hanya dalam produk, Bayu pun melakukan inovasi dalam penjualan, yaitu dengan memanfaatkan media sosial seperti instagram. Inovasi lainnya adalah discount yang diberikan ketika melakukan order borongan.

Yang menarik dari produk ini kedepannya adalah konsep sewa beanbag. Apa itu? Misalnya sebuah kantor dapat melakukan sewa beanbag dengan fasilitas yang diberikan yaitu tidak perlu repot untuk perawatan, bisa berganti bentuk, dan pelayanan utama cover yang diganti setiap 1 bulan sekali dengan warna yang bisa diganti sesuai keinginan pelanggan sehingga beanbag akan tetap bersih dan properti interior kantor terkesan selalu baru.

Ketika memutuskan untuk berwirausaha, buka tanpa tantangan. Penghasilan yang fluktiatif, seperti roller coaster ujar Bayu, menjadi hal yang harus dihadapi.

Dari cerita beliau terlihat dengan jelas bahwa kesuksesan tak akan diraih tanpa kerja keras. Kuncinya adalah harus tetap semangat dan yakin akan kesuksesan.

Semoga sajian ini bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi kita semua.

hosting murah
Screenshot_2017-12-03-16-28-58-1

Berlangganan dan Download Ebook Gratis

4 thoughts on “Jogyabeanbags. Sebuah Keberanian untuk Memulai.”

  1. Setuju sekali kesuksesan tak akan diraih tanpa kerja keras. Kuncinya adalah harus tetap semangat dan yakin akan kesuksesan…!! Good luck Bayu !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *