Kiat Sukses Kuliner Online

FB_IMG_1493986138326

Bila berkunjung ke wall facebook Dapur Cep Bobi akan terlihat penuh dengan testimoni para penggemar mie jeding yang dilengkapi dengan foto ekspresi pedasnya.

Kesuksesan kuliner online asal ciamis ini sudah kesohor. Facebook nya saja sudah mempunyai friend lebih dari 3.500 orang. Dan mie jeding menjadi favorit para pemirsa.

Untuk itu, pada profil blog kesayangan anda kali ini akan mengulas tentang Dapur Cep Bobi melalui obrolan santai dengan sang CEO, Epi Wibawa.

“Kapan nih kang Epi, Dapur Cep Bobi eksis?”

“Sekitar bulan November 2016 sih mulai berdiri, tapi 2 tahun sebelumnya sudah ada perencanaan dengan partner bisnis. Namun saat itu masing-masing ada kesibukan. Saya sendiri sibuk di weeding photography saat itu.”

“Wah, hebat euy Kang Epi, berani keluar dari zona nyaman, dan mencoba petualangan usaha baru, kalau di buku di self driving anda pasti disebut sebagai a good driver.”

“Jangan bilang kalau di blog anda, punya reviu tentang bukunya khan. Hahaha. Ya, saya coba keluar dari rutinitas lebih dari 1 dekade di usaha wedding photography. Bersama keponakan saya yang punya skill memasak, saya pun mendirikan Dapur Cep Bobi.”

“Biar saya tebak, pasti keponakan anda bernama Bobi khan?”

“Hehehe, tentu dong, kalau nama keponakannya Dede, namanya Dapur Cep Dede. Dan nama “bobi” familiar juga ditelinga kita sehingga mudah diingat.”

“Bagaimana ide usaha ini tercipta.”

“Banyak usaha sejenis dan online di Ciamis. Tapi kami mempelajari kelemahan dan kelebihan masing-masing usaha tersebut, sehingga menawarkan sesuatu dengan konsep baru.”

“Kang Epi tahu enggak, bahwa apa yang sedang disebutkan tadi adalah implementasi kanvas strategi dari Blue Ocean Strategy?”

“Masak sih? Anda lah jagonya disitu. Wah saya sendiri tidak menyangka. Pokoknya kami tidak mau menjadi follower saja. Hidangan kami beda. Seperti dalam maen game, kami punya upgrade ke level yang lebih baik dari usaha sejenis.”

“Penasaran nih dengan testimoni para pelanggan di wall FB Dapur Cep Bobi. Apaan sih mie jeding itu?”

“Mie Jeding, sejenis mie yamin dengan toping ayam krispi dengan saus khusus. Nama Jeding itu sendiri berasal dari bahasa sunda, yang artinya “jontor”. Jadi sehabis makan Mie Jeding, efek pedasnya bisa bikin bibir serasa jading atau jontor. Nama yang sedikit kontroversi bisa bikin orang tertarik.”

“Wah, saya yang dengernya aja udah mulai berselera. Itu value propositon yang dibangun oleh Dapur Cep Bobi.”

“O, ya perlu dicatat, teman Facebook Dapur Cep Bobi, sampai tulisan ini dibuat sudah mencapai 3.500 sekian, dan itu bertambah setiap harinya. Kontak BBM kami sudah ada sekitar 1.200 orang, dan setiap kontak pernah order masakan kami, belum ditambah dari kontak WhatsApp, dan beberapa orang order via FB messenger dan Direct message di Instagram.”

“Wuih, luar biasa kang. Jangan lupa kang, database pelanggan dioptimalkan sehingga akan tahu perubahan selera pelanggan. O, ya kang, infonya, baru 4 bulan berdiri saja orang sekitar Ciamis sudah pada tahu ya?”

“Alhamdulillah. Saya yakin dengan niat baik dalam mencari rezeki yang halal, jalan usaha kami akan dipermudah oleh Allah.”

“Setuju saya juga kang.”

“Walaupun banyak pihak yang mencoba menjatuhkan usaha kami, kami tetap memperbaiki kualitas pelayanan kami. Menjaga makanan basah yang diorder tetap dalam keadaan fresh. Kurir juga harus tetap semangat, walupun cuaca hujan sekalipun, orderan tetap sampai. Naon teh istilah perbaikan kualitas kayak gini?”

“Continuous Improvement”

“Tah eta, asa pabaliut ngomongna. Hahaha.”

Setelah lulus kuliah dari Fakultas Sastra, Kang Epi merintis usaha fotografi. Keahlian ayah 3 orang putri ini juga yang mampu mengemas foto-foto yang apik untuk kebutuhan promosi Dapur Cep Bobi.

hosting murah

“Lanjut nih kang. Apa saja budaya perusahaan yang melekat di para karyawannya?”

“Kami tumbuhkan budaya di tempat kerja bagi rekan usaha dan para karyawan untuk mendirikan sholat di awal waktu. Dan untuk laki-laki sholat di masjid berjamaah. Meninggalkan segala aktifitas di dapur, untuk memenuhi panggilan sholat. Selalu optimis dan tetap tawakal. Dalam kondisi banyak pesanan kami tetap bekerja dengan tenang, tidak menjadikan kami terlalu berbangga hati, dalam kondisi minim order kami pun tetap enjoy. Selalu yakin akan rezeki sudah diatur oleh Allah.”

“Luar biasa kang, usaha seperti ini Insya Allah langgeng kang.”

“Aamiin. Kesuksesan duniawi itu tak ada batasnya, setiap manusia bila memiliki satu gunung emas maka ia menginginkan gunung emas yang kedua. Kami mencoba berkembang bersama antara owner dan karyawan. Susah dan senang dirasakan bersama. Setiap Hari Jum’at kami libur, untuk konsentrasi ibadah. Dalam setiap bulan, kami mencoba refreshing bersama karyawan sekaligus studi banding ke kedai-kedai kuliner yang ada di kota kami.”

“Betul kang, bila karyawan puas, maka dengan sendirinya pelanggan juga akan puas.”

Dapur Cep Bobi membawa konsep sebagai usaha keluarga. Selain keponakannya, Kang Epi juga mengajak istri dan adik perempuan, karena bisnis ini cocok untuk perempuan yang ingin ikut berwirausaha tanpa harus keluar rumah meninggalkan kewajiban rumah tangga.

“Nah kang, dengan mulai banyaknya penggemar, apa rencana pengembangan usahanya?”

“Kami sedang menawarkan kedai offline dengan menu yang ada di menu online seperti mie jeding, cilok, cigor, dan beberapa jenis minuman. Di depan rumah memanfaatkan pekarangan yang ada. Lokasinya masih terbatas, namun bila animo pelanggannya bagus kami akan membuka kedai di daerah lain yang cukup strategis. Seandainya kedai offline berhasil kami dirikan, tentu lapangan kerja akan terbuka. Meski daya tampungnya mungkin sedikit, tapi setidaknya bisa membantu dan memberdayakan orang-orang di sekitar kami.”

“Ini namanya bagian dari bina lingkungan.”

“Saya senang diwawancara oleh anda, karena apa yang disampaikan pasti diberi istilah-istilah praktek manajemen.”

“Hehehe, bisa aja Kang Epi ini, memang betul kang ternyata apa yang disampaikan dari awal tadi, Dapur Cep Bobi telah menerapkan best practice management. Bila konsisten Insya Allah akan berkembang kang.”

Wawancara kami pun diselesaikan. Karena pesanan mie jeding sudah datang.

Selamat menikmati.

Screenshot_2017-12-03-16-28-58-1

Berlangganan dan Download Ebook Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *