Lakukan 5 Tips Sederhana Ini Agar Engagement Karyawan Meningkat

gift-1420830_1920

Kaget dengan hasil Employee Engagement Survey tahun ini yang turun? Tidak perlu panik. Lakukan pemetaan, elemen apa saja yang menjadikan skornya rendah atau turun.

Nah, apabila elemennya berada pada penghargaan atau apresiasi atasan terhadap bawahan, maka artikel blog ini cocok untuk dibaca.

Ada beberapa tips sederhana, untuk meningkatkan keterikatan atau engagement karyawan dilihat dari elemen yang sudah disebutkan di atas.

Salah satu referensi terkait hal tersebut, bisa dilihat dari buku 1001 Ways to Reward Employees karya Bob Nelson terbitan Workman Publishing Company.

Mari kita simak satu per satu.

Tips #1 : Ucapan Selamat Ulang Tahun. Momen satu tahun sekali ini memang ditunggu karyawan secara personal. Ucapan dari keluarga, sahabat atau rekan kerja menunjukan bahwa masih ada yang perhatian dengannya.

Tentunya, momen ini akan semakin berharga apabila seorang karyawan mendapatkan ucapan selamat ulang tahun dari atasannya atau bahkan beberapa level di atasnya. Secara langsung. Ya, langsung.

Artinya ucapan bukan sekedar kartu ucapan yang ditandatangani secara kolektif oleh atasan lalu diberikan oleh pengantar surat kepada karyawan bersama tumpukan pekerjaan yang lain. Tapi ucapan yang tulus disampaikan langsung oleh atasan kepada karyawan yang berulangtahun.

Tips #2 : Ajak makan bersama. Atasan meluangkan waktu diantara kesibukannya untuk mengundang salah satu karyawannya yang berkinerja ekselen untuk misalnya makan siang bersama di ruangannya.

Karyawan dijamu makan siang dan didampingi oleh atasannya langsung. Topik saat tersebut lebih kepada eksplorasi bagaimana karyawan tersebut bisa beprestasi dan bagaimana agar bisa mendorong karyawan lainnya melakukan hal yang sama.

Agar dalam jamuan makan tidak terasa kaku, maka manajemen perlu membuka diri bahwa saat itu bukan saatnya untuk menyampaikan masalah dalam pekerjaan. Ini bukan rapat kerja. Buatlah suasana akrab, sehingga karyawan menjadi nyaman. Bahkan untuk lebih akrab, karyawan bisa mengajak pasangan dan anak-anaknya untuk hadir dalam jamuan tersebut.

Tips #3 : Hargai di depan orang banyak. Dalam sebuah kesempatan dimana para karyawan berkumpul, misalnya dalam sebuah acara apel bulanan, umumkanlah kepada khalayak ramai siapa-siapa saja yang memberikan kontribusi positif pada bulan tersebut.

Contoh, mungkin diantara karyawan ada yang mengikuti sebuah pelatihan bergabung dengan karyawan perusahaan lain dengan topik tertentu, lalu dia mendapat nilai tertinggi. Umumkanlah dalam sebuah acara bulanan, beri dia ucapan selamat dari manajemen, lalu berikan dia kesempatan bicara di depan kawan-kawannya tentang prestasi yang dia buat.

Namun, perlu diingat bahwa ucapan terima kasih ini bukan sekedar basa basi atau ritual bulanan saja. Hal ini lebih kepada ketulusan manajemen bahwa tanpa karyawan yang berprestasi, kinerja organisasi tidak akan diraih.

Tips #4 : Tempel di Mading. Siapa yang tidak akan senang apabila fotonya terpampang di mading kantor. Bahkan disitu tertera kinerja ekselen yang diraihnya.

Ya, dari sekian banyak karyawan, pasti diantaranya ada yang berprestasi. Beritakanlah prestasi mereka. Lengkapi dengan foto diri dan artikel tentang latar belakangnya serta pencapaian prestasi seperti apa. Tampilkanlah laiknya foto seorang CEO di cover majalah bisnis.

Tips ini akan mendorong karyawan lainnya untuk berlomba-lomba untuk beprestasi. Harapannya foto dan kisah mereka bisa tampil di mading edisi berikutnya.

Tips #5 : Reward Poin. Seperti halnya produk perbankan atau telekomunikasi, di lingkungan kerja pun bisa diterapkan sistem poin. Berapapun poin yang terkumpul bisa ditukarkan langsung dengan hadiah yang ditentukan

Contoh, pemberian poin bagi karyawan yang sering melakukan presentasi knowledge sharing dengan koleganya. Poin tersebut bisa dia tukar langsung, atau dikumpulkan dulu untuk mendapatkan hadiah yang lebih besar. Sedangkan karyawan yang tidak pernah melakukannya tidak mendapat poin apapun.

Hadian poin bisa berupa merchandise dengan logo perusahaan seperti topi, buku, payung, buku agenda dsb. Namun perlu diingat, hadiah-hadiah tersebut harus dibuat istimewa, sehingga hanya karyawan yang mempunyai poin bisa mendapatkannya.

Demikian 5 tips sederhana, yang bila dilaksanakan dengan penuh komitmen dan konsistensi oleh manajemen dapat meningkatkan engagement karyawan, khususnya elemen apresiasi atau penghargaan.

Semoga bermanfaat.

Screenshot_2017-12-03-16-28-58-1

Berlangganan dan Download Ebook Gratis

2 thoughts on “Lakukan 5 Tips Sederhana Ini Agar Engagement Karyawan Meningkat”

  1. Tulisan2 dalam blog ini menurut Saya menarik dan mengundang penasaran dari satu artikel ke artikel berikutnya karena gaya penulisan yang berisi dan disampaikan secara serius dan santai dengan jokes.
    Secara umum temanya adalah strategi, lebih spesifik lagi lebih ke arah human resources. Bagi Anda yang menggeluti dunia ini, Saya rasa Anda akan mendapatkan tempat yang benar untuk belajar tentang manajemen sdm dengan cara yang sederhana.
    Gaya penulisan mengingatkan Saya saat menonton film, khusunya terbitan marvel. Asik, tegang, dan ada cuplikan humor nya.

    1. Terima kasih Pak Bayu,
      semoga artikel yang publish setiap satu minggu sekali ini
      bisa bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *