Mari Temukan Peluang Bisnismu

A photo by Webvilla. unsplash.com/photos/hv1MrBzGGNY

A photo by Webvilla. unsplash.com/photos/hv1MrBzGGNY

Artikel dalam blog kali ini tentang pengalaman saya
ketika melakukan perjalanan darat selama 7 jam menembus 7 kabupaten/kota dan dua provinsi. Kesempatan beristirahat digunakan untuk menyantap kuliner yang ada di sepanjang jalan.

Wisata kuliner yang saya nikmati adalah pecel lele. Warung makan yang saya singgahi, menempati sebuah ruko yang pada pagi hari merupakan sebuah toko bangunan. Sudah menjadi hal umum, bila usaha kuliner di malam hari menempati lokasi ruko yang saat pagi harinya digunakan sebagai usaha bengkel, toko bangunan, toko elektronik dan sebagainya.

Tapi ada beberapa catatan dengan warung makan yang saya singgahi saat itu.

Diversifikasi Usaha. Biasanya pelaku usaha di pagi hari dan malam hari berbeda. Namun, untuk warung makan yang saya singgahi, tukang masak pecel lele adalah pemilik toko bangunan yang lokasi parkirnya dipakai untuk usaha warung makan. Dia mengajak istri dan anak-anaknya yang sudah besar untuk membantunya.

Ini namanya diversifikasi usaha, sebuah strategi yang berhasil dikerjakan oleh keluarga tersebut. Di pagi hari, mungkin si pemilik hanya menunggu di kasir, pegawainya yang melayani pelanggan. Namun di malam hari, dia merangkap menjadi pegawai.

Kualitas. Walaupun kelas warung makan, pengelolaannya sangat baik. Tempat yang bersih, pelayanan yang baik, serta penyimpanan bahan baku yang baik sehingga makanan disajikan selalu dalam keadaan segar.

Sang pemilik tidak melihat usaha rumah makannya sebagai usaha asal-asalan, tetapi tetap dilakoni dengan sungguh-sungguh dengan menyajikan kualitas yang prima.

Passion. Menjadi koki bagi sang pemilik toko bangunan adalah passionnya. Hal ini ditunjukan dengan output dari sebuah usaha rumah makan. Rasa. Ya, rasa makanan yang disajikan nikmat sekali.

Passion ini juga yang menggerakan sang pemilik ruko menambah kuadrannya. Dari sebagai business owner menjadi self employed. Keduanya pun berjalan dengan baik.

Dari penilaian umum kita, pendapatan dari usaha toko bangunan mungkin sudah lebih dari cukup. Namun, keluarga tersebut memetakan model bisnis usahanya. Revenue stream harus ditambah. Harus ada usaha baru selain toko bangunan. Maka membuat usaha rumah makan di malam hari pun mulai dirintus.

Peluang bisnis ada di sekitar kita, ayo petakan lalu susun model bisnisnya. Menangkap sebuah peluang usaha baru yang hasilnya pun menggiurkan

Selamat menangkap pokemon, eh, peluang baru.

Screenshot_2017-12-03-16-28-58-1

Berlangganan dan Download Ebook Gratis

4 thoughts on “Mari Temukan Peluang Bisnismu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *