Bagaimana Menemukan Nilai Kehidupan Diri Anda

alarm-clock-2132264_960_720

Ada 3 (buku) yang menginspirasi saya untuk menulis artikel yang satu ini.

Pertama, buku Business Model Generation karya Alexander Osterwalder dan Yves Pigneur.

Kedua, buku 7 Keajaiban Rezeki karya Ippho Santosa.

dan, Ketiga buku Make Today Count karya John C Maxwell.

Mudah-mudahan admin bukumanajemen.com membaca tulisan ini dan menuliskan reviewnya untuk blog kesayangan kita ini :).

Di dalam buku Business Model Canvas, dibicarakan tentang salah satu bloknya yaitu Value Propositions. Diartikan disini Value Propositions adalah sebagai kesatuan, atau gabungan manfaat-manfaat yang ditawarkan perusahaan kepada pelanggan. Bila diadjust dalam kehidupan pribadi, Value Propositions akan menjadi nilai yang membedakan antara pribadi kita dengan pribadi yang lainnya.

Dalam bukunya, Ippho Santosa menjelaskan tentang Pembeda Abadi (Lingkar Diri). Ini tentang pembeda antara pribadi kita dengan pribadi lainnya. Kita agar mencari sesuatu yang diminati dan kita kuasai, dimana hal tersebut akan memberikan kita kebahagiaan.

Demikian halnya dengan John C. Maxwell, salah satu dalam dua belas area penting kesuksesan (Daily Dozen) adalah Nilai yang perlu dipegang dan melatihnya setiap hari.

Menurut saya, ketiganya mempunyai kesamaan.

Sebuah pertanyaan.

What are your values?

Sederhana namun maknanya dalam.

Kita melakukan identifikasi nilai-nilai kehidupan apa saja yang kita miliki.

Nilai-nilai tersebut kita pegang teguh, sehingga kehidupan kita menjadi sukses.

Apakah Anda sudah mempunyai nilai-nilai tersebut?

Mari kita ambil beberapa contoh nilai-nilai dan prinsip yang harus dipegang.

Anda memegang sebuah nilai bahwa Anda berkeinginan untuk mempunyai badan yang sehat. Maka Anda pun, akan memegang prinsip meluangkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit per hari.

Bila Anda memegang prinsip ini, maka dimana pun berada, olahraga ringan ini harus dijalani setiap hari. Kebiasaan ini bertujuan untuk mewujudkan keinginan Anda untuk memiliki badan yang sehat.

Sudah berkeluarga dan menjadi seorang ayah? Anda pun mempunyai value bagaimana menjadi seorang ayah yang baik. Maka Anda akan meluangkan waktu didalam sibuknya jam kerja untuk selalu menanyakan kabar anak-anak Anda.

Anda memegang sebuah nilai bahwa Anda berkeinginan untuk mempunyai badan yang sehat. Maka Anda pun, akan memegang prinsip meluangkan waktu untuk berolahraga selama 30 menit per hari.

Anda juga akan meluangkan waktu sejenak untuk sekedar mengantar atau menjemput mereka sekolah. Bahkan, Anda meluangkan waktu untuk berlibur atau wisata kuliner bersama. Dengan sendirinya, anak-anak Anda pun akan bangga dengan ayahnya.

Anda punya cita-cita sebagai penulis buku? Anda pun memegang prinsip untuk berlatih setiap hari. Menulis 1 lembar 1 hari. Anda pun berlatih tanpa jeda setiap hari.

Anda juga selalu menyempatkan diri untuk membaca dengan target 1 buku 1 bulan pun anda lakoni dengan baik. Dijamin, selama setahun, walapun belum menjadi seorang penulis, Anda akan menjadi seorang blogger seperti saya 🙂

Sulit sekali bagi kita untuk disiplin waktu. Namun, apabila Anda sudah memegang prinsip ini dengan baik, maka semuanya akan mudah. Hal ini akan diaplikasikan dalam kegiatan Anda sehari-hari. Sebagai pemimpin rapat, Anda memulainya sesuai waktu yang tertera dalam undangan. Karena Anda tahu para karyawan yang menjadi peserta rapat mempunyai kesibukan yang lain. Dijamin level engagement mereka pun akan meningkat.

Anda berjanji bertemu rekan kerja pukul 10.00. Anda pun sudah berada di tempat yang dijanjikan 5 menit sebelumnya. Karena Anda tahu, rekan kerja mempunyai agenda lain setelah berjanji bertemu dengan Anda. Anda pun akan dikenal oleh orang lain sebagai orang yang tepat waktu.

Nilai yang berikut adalah sepele, namun orang lain akan meihat Anda sebagai orang yang disiplin. Anda mempunyai nilai bahwa apapun yang Anda kerjakan, Anda akan merapihkannya dengan baik. Saat makan di sebuah rumah makan, Anda pun merapihkan meja kursi serta tempat makan. Sehingga petugas yang membersihkan meja Anda akan merasa senang dengan Anda.

hosting murah

Anda yang bekerja di kantoran pun demikian. Sebelum meninggalkan ruang kerja, Anda pun merapihkan dan membersihkan meja kerja. Atasan pun akan senang mempunyai bawahan yang disiplin seperti Anda.

Anda sangat senang sekali membantu orang lain yang membutuhkan. Nilai yang dipegang teguh ini membuat Anda untuk tidak berpikir panjang, apabila ada saudara yang membutuhkan.

Demikian juga, saat Anda menjadi anggota tim. Anda selalu ada ketika anggota yang lain kesulitan dalam menjalankan aktivitasnya. Nilai yang Anda miliki ini akan mengurangi konflik di dalam tim.

Nilai-nilai yang Anda pegang tadi akan menjadikan Anda sebagai orang yang memegang prinsip tersebut dengan baik.

Nilai-nilai (values) diri yang dipegang teguh oleh Anda inilah yang akan membantu Anda meraih keinginan Anda.

Anda juga selalu menyempatkan diri untuk membaca dengan target 1 buku 1 bulan pun anda lakoni dengan baik.

Dalam konteks manajemen strategis sebuah korporasi values beriringan dengan vision dan mission (VMV) yang akan membantu pencapaian tujuan.

Bagaimana dengan saya?

Nilai apa yang saya pegang teguh.

Saya mempunyai prinsip untuk selalu berbagi pengetahuan (knowledge sharing). Apapun ilmu yang didapat, saya pun akan saya share kepada orang lain melalui blog yang mengusung tema memahami secara sederhana bagaimana organisasi bergerak.

Semoga bermanfaat.

Gambar : Pixabay

Screenshot_2017-12-03-16-28-58-1

Berlangganan dan Download Ebook Gratis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *