Saatnya Update CV dan Temukan Sesuatu di Dalamnya

photo-1444653389962-8149286c578a
Mari kita mulai tulisan ini dengan sebuah pertanyaan. Sudahkah Anda mengupdate CV Anda?

Bila belum, luangkan waktu sejenak. Anda akan kaget dengan hasilnya.

Kenapa?
Ada dua kemungkinan yang akan terjadi.

Kemungkinan Pertama, akan terlihat disana bahwa Anda sebenarnya sudah mempunyai pengalaman kerja yang lumayan banyak dengan jenis pekerjaan yang berbeda-beda.

Bahkan Anda tidak menyangka bahwa ternyata sudah mengikuti berbagai kursus-kursus pelatihan. Berbagai penghargaan pun ternyata sudah pernah diraih.

Kaget.
Karena ternyata potensi Anda lebih dari apa yang sedang dikerjakan saat ini.

Kemungkinan Kedua, Anda akan melihat bahwa ternyata sudah bertahun-tahun Anda mengerjakan pekerjaan yang sama tanpa ada peningkatan.

Buruknya lagi, ternyata Anda sudah lama tidak mengikuti kursus pelatihan. Bahkan Anda tidak bisa menulis apapun pada kolom penghargaan di CV Anda.

Kaget.
Karena Anda baru menyadari bahwa potensi yang dimiliki saat ini belum dioptimalkan sama sekali.

Mengupdate sebuah CV memang terlihat sepele. Mungkin saja diantara kita merasakan bahwa mengudate CV terakhir kali saat pertama melamar kerja atau saat akan promosi jabatan. Tapi melalui update CV Anda akan mengenali dimana posisi kompetensi kita saat ini.

Dalam sebuah organisasi yang pengelolaan data base karyawannya sudah terintegrasi, tentu akan memberikan kemudahan bagi karyawan untuk meningkatkan kompetensinya. Karena sudah ada sistem yang mengaturnya.

Tulisan dalam Blog kali ini tidak membahas tentang sistem tersebut. Bahasan kali ini justru apa yang perlu dilakukan karyawan apabila organisasinya belum memiliki sistem seperti itu.

Bagi karyawan yang termasuk kelompok pertama, hal-hal berikut bisa menjadi solusi alternatif:

#1 Menjadi Anggota Tim. Bila ada sebuah project baru dan memerlukan anggota tim, ajukanlah diri. Anda akan mengeplorasi lebih jauh potensi yang ada dalam diri. Karena potensi Anda tidak termanfaatkan bila hanya melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin saja.

#2 Pengayaan Diri. Tentu Anda ingin promosi jabatan. Secara sukarela mulailah membantu atasan Anda di luar apa yang biasa Anda kerjakan. Hal ini akan menambah pengalaman job enrichment Anda sehingga Anda akan tahu masih ada kompetensi yang harus dimiliki untuk jabatan yang lebih tinggi.

#3 Knowledge Sharing. Anda adalah karyawan dengan segudang prestasi terlihat dari berbagai penghargaan yang diterima. Selanjutnya ajukanlah diri Anda untuk menjadi nara sumber pelatihan internal untuk topik-topik yang Anda sangat kuasai. Selain berguna bagi organisasi, kegiatan ini juga berguna bagi Anda karena merefresh kembali momen terbaik Anda.

Sedangkan bagi karyawan yang termasuk kelompok kedua, solusi alternatifnya sebagai berikut:

#1 Menambah Pengetahuan. Memang ada kecendrungan Anda menjadi spesialis. Bila organisasi Anda tipikalnya membutuhkan karyawan yang generalis, maka Anda perlu mendapatkan pengetahuan baru terkait bidang tugas lain namun masih relevan dengan divisi Anda saat ini. Ajukankanlah diri bila organisasi berencana mengadakan pelatihan yang Anda butuhkan.

#2 Mencari Mentor. Carilah mentor. Bisa rekan kerja satu atau beda divisi. Bisa juga atasan Anda. Mentor ini akan memetakan hal-hal apa pada diri Anda yang masih perlu dikembangkan. Anda perlu melakukan apa yang mereka berikan sebagai masukan terbaik. Karena mentor ini mengetahui blind spot pada diri Anda.

#3 Menjadi Anggota Tim. Ternyata bukan hanya kelompok pertama saja, yang kedua pun bisa mengambil solusi ini. Dengan bergabung dengan sebuah anggota tim, Anda akan merasakan bahwa masih banyak yang perlu Anda pelajari. Dinamika tim juga akan merangsang Anda untuk terus mengeksplorasi hal lain di luar apa yang selama ini anda kerjakan secara rutin.

Demikian ulasan tentang manajemen diri Anda yang berprofesi sebagai karyawan. Gairah untuk pengembangan akan lebih terasa hasilnya bila muncul dari keinginan pribadi.

Semoga bermanfaat.
Selamat hari Rabu, sukses dan sehat selalu.

12 thoughts on “Saatnya Update CV dan Temukan Sesuatu di Dalamnya”

  1. Mantap aksi manejemennya, belajar untuk memahami diri kita, ternyata selama ini sudah banyak yang didapat (dilihat dari CV)….namun aplikasinya mungkin monoton. Belajar untuk Knowledge Sharing dan tetap memperkaya ilmu pengetahuan.

    Mungkin next time, berapa lama wajarnya karyawan untuk posisi yang ditempati sehingga tidak stuck,bosen,jenuh dan ingin sesuatu yang baru, dapat memperkaya ilmu.

  2. Mungkin bisa diusulkn untuk dimuat di mjlh agro pak, sebagai bahan masukn untuk perbaikan sumber daya manusianya

  3. Mantap pak, makasih sudah diingatkan melalui blog ini…

    Sukses terus untuk tulisan berikutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *